Selasa, 01 Agustus 2017

Marketing itu Kerjanya Ngapain

Marketing itu Kerjanya Ngapain

Marketing itu Kerjanya Ngapain - Gini ya coy, marketing itu tidak sama juga dengan sales, berarti marketing itu ya tidak sama juga dengan jualan, marketing ya marketing, jualan ya jualan, Tessy ya Tessy, Ian Kasela ya Setan… ups! hehe… 

So apa dong bedanya? pertanyaan yang bagus! 

Jika sales itu lebih pada jual barang/layanan, jadi lo miliki barang or layanan apa, lo jual ke pihak beda nah itu namanya sales, yup sesederhana itu. 

Sedang Marketing itu lebih kompleks. Apa? lo ingin pengertian formalnya? buset dah, hari gini masih tetap cari pengertian saja, namun oke lah jika lo maksa, namun ini macem2 loh, jadi nanti jika lo jadi jadi bingung janganlah salahin gw. Menurut si Philip Kotler (embahnya Marketing), dia katakan Marketing is satisfying needs and wants through an exchange process”. 

Ada pula yang katakan Marketing yaitu kiat dalam menggerakkan usaha, ada yang katakan Marketing yaitu memberi nilai lebih pada satu benda/layanan hingga jadi satu benda/layanan yang bernilai lebih tinggi. Atau ada pula yang katakan Marketing yaitu usaha membuat serta melayani pasar tujuan tambah baik dari kompetitor. 

Well, semua tidak ada yang salah, namun lo juga tidak bener (abisnya lo daritadi diem saja), semuanya yang dimaksud di atas bener semuanya, bingung kan lo? maka dari itu janganlah nanya pengertian, gw katakan juga apa barusan, hari gini masih tetap nanya pengertian. Daripada pusing masalah pengertian, mendingan kita pahamin rencananya saja. 

Barusan di atas kan kita telah ulas jika Sales itu lebih pada lo jual barang, sedang marketing lebih kompleks, lo miliki barang, lo modifikasi demikian rupa (umpamanya lo ganti kemasannya, or lo tambahin rasa-rasanya) trus lo kasih merk, lo promosiin, lo tempatin di warung2 sekitaran tempat tinggal lo, nah itu namanya telah Marketing. 

Ada lain tentu ada pula samanya, nah demikian halnya pada marketing serta sales ini, kesamaan nya ialah pada maksud pada akhirnya, kedua-duanya mempunyai maksud untuk mencari untung sebesar-besarnya dengan jual barang sebanyak mungkin. Karna persamaan maksud berikut maka dari itu sering ke-2 hal semacam ini dalam satu perusahaan dikombinasi dalam satu department, namanya departemen Sales & Marketing. gitu bo! 

“hmm.. sepertinya masih tetap agak rumit deh, dapat lo jelasin sekali lagi tidak dengan contoh sederhana apa bedanya marketing serta selling itu? ” 

Oke, nyatanya otak lo agak2 kurang yah hehe… oke sederhananya lebih kurang begini : 

Lo tau air PAM kan? itu loh air ledeng, buset dah gitu saja tidak tau! 

Lo ambillah air PAM dalam plastik, trus lo jualin ke sekitaran lo, nah itu namanya selling/jualan, atau dapat juga lo sambungin selang dari tempat lo trus lo jual ke tetangga-tetangga, nah itu juga namanya selling. 

Marketing itu Kerjanya Ngapain


Bila Marketing itu bermakna lo memberi nilai lebih pada barang yang lo jual, umpamanya, lo ambillah air PAM trus lo masak sampai mendidih, dinginin trus masukin kedalam botol bersih, di botolnya lo tempelin merk “AIRA, Air Bersih serta Sehat” nah trus lo tarok itu botol2 diisi air PAM barusan di warung2. Agar lebih meyakin kan sekali lagi lo buat spanduk dengan tulisan “Telah Ada AIRA, Air sehat yang sudah dipanaskan hingga 100 derajat, peroleh di warung2 paling dekat”. Nah sistem mulai dari lo masak air barusan sampai paling akhir titipin di warung serta buat spanduk, itu namanya Marketing. 

Oke segini dahulu ya, nanti kita sambung sekali lagi.

pengertian sales marketing hotel
pengertian sales marketing menurut para ahli
pengertian sales executive
pengertian sales menurut para ahli
gaji sales marketing
tugas marketing adalah
tugas sales di perusahaan
definisi sales
marketing itu kerjanya ngapain
apa itu marketing bank
tugas seorang sales marketing
berapa gaji marketing
tugas marketing executive adalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar