Selasa, 04 Juli 2017

gaji akuntan

gaji akuntan

gaji akuntan - Berdasar pada pengalaman pribadi, selama ini, aku temukan ada 5 tempat yang paling pas untuk fresh graduate serta bergaji lumayan bagus, yiatu :

1. Financial Analyst – Tempat financial analyst dapat diperlukan oleh perseorangan atau institusi (tubuh usaha) —tentunya yang keuntungan-oriented.

Pekerjaan : pekerjaan pokok seseorang financial analyst yaitu menterjemahkan info (baca : data) keuangan untuk jadikan basic pertimbangan dalam pengambilan-keputusan usaha, terlebih sekali untuk kebutuhan kiat ke depan, termasuk juga investasi.
Kisaran Upah : kisaran upah seseorang financial analyst, di beberapa th. awal, pada 5 sampai 10 juta per bln..
Pendidikan Yang Dibutuhkan : pendidikan paling akhir seseorang financial analystbiasanya Strata 1 Akuntansi atau Manajemen Keuangan. Pendalaman profesi ini dapat dikerjakan dengan meniti program spesial financial analyst bersertifikat, dengan titel Certified Financial Analyst (CFA).
Prospek Karier : karier seseorang financial analyst berkembang bersamaan dengan perkembangan binis perusahaan/perorangan di mana atau untuk siapa dia bekerja. Sudah pasti, perkembangan karier seseorang financial analyst ditetapkan oleh seberapa mumpuni serta tepat analisis yang dia hasilkan (hingga seberapa akurat output analisis yang dibuat untuk jadikan input pengambilan-keputusan). Serta, ketajaman daya analisis seseorang analyst ditetapkan oleh pengalaman serta kekuatan semasing individu analyst tersebut. Di Indonesia, financial analyst banyak mengatasi perusahaan sekuritas yang mengelola portfolio investasi beberapa clientnya, atau menekuni profesi jadi seseorang pialang saham mandiri. Memegang CFA begitu menolong dalam melalui karier analyst. Client pasti semakin lebih percaya bila dipegang oleh seseorang CFA dibanding yg tidak.
2. Accountant – Tak tahu itu bekerja untuk perusahaan layanan akuntan umum (KAP) atau jadi seseorang akuntan untuk bagian industri spesifik (pabrik, rumah sakit, hotel, retailer, auto dealer, oil company, dan lain-lain), tempat akuntan senantiasa pas untuk fresh graduate. Cuma saja, untuk perusahaan-perusahaa besar, tempat ini umumnya banyak di isi oleh mereka-mereka yang sudah memiliki pengalaman. Sesaat untuk perusahaan kecil serta menengah, fresh graduate BISA isi tempat akuntan, selama mempunyai kekuatan tehnis akuntansi yang cukup.

Pekerjaan : aku tidak terasa butuh untuk merinci pekerjaan seseorang akuntan, pada intinya pekerjaan seseorang akuntan dimana saja itu (baik di layanan KAP atau di industri beda) tidak jauh-jauh dari pengaturan neraca keuangan.
Kisaran Upah : upah seseorang akuntan di beberapa th. awal sekitar pada 5 sampai 10 juta per bln..
Pendidikan Yang Dibutuhkan : aku tahu, di Indonesia, yang dimaksud akuntan umumnya cuma mereka yang bersertifikat. Dengan internasional, seseorang akuntan TIDAK MESTI bersertifikat, yang perlu telah lulus Strata 1 Akuntansi. Pasti, jadi akuntan berserifikat—baik itu Certified Management Accountant (CMA) atau Certified Public Accountant (CPA) bisa membuat karier jadi lebih bercahaya (dengan upah yang lebih tinggi tentunya). Juga sekian, ambil program pendalaman profesi akuntan (PPAk) serta ikuti ujian serifikasi dapat dikerjakan sembari bekerja.
Prospek Karier : Karier akuntan termasuk juga karier tipe ‘klasik’ yang tak ada ‘matinya’. Seseorang akuntan senantiasa diperlukan dalam keadaan apa pun. Sudah pasti, perkembangan ekonomi makro serta lingkungan usaha yang stabil punya pengaruh positive pada prospek karier akuntan. Bersamaan penambahan pengalaman serta pendidikan (saksikan diatas), karier seseorang akuntan selalu alami penambahan, dari junior ke senior/management level, sampai eksekutif : Chief Financial Officer (CFO) —untuk bagian industri spesifik atauManaging Mitra untuk perusahaan penyedia layanan akuntan umum. Akuntan yang memegang sertifikat (CMA atau CPA) umumnya dapat menjangkau level manajemen dengan lebih cepat bila dibanding dengan mereka yg tidak. Untuk level eksekutif, selain sertifikasi akuntan, juga butuh pendidikan minimum S2 Business School (MBA).
3. Accounts Payable/Receivable Clerk – Aku seringkali memperoleh pertanyaan “apakah aku miliki karier yang bagus bila hanya lulusan SMK jurusan Akuntansi (dulu SMEA)? ”. Jawaban aku : BISA.

Pekerjaan : pekerjaan paling utama seseorang AP/AR Clerk yaitu mengatasi sistem akuntansi utang/piutang saja (terlebih input data serta persiapan bukti transaksi). Serta untuk pekerjaan ini, seseorang lulusan SMK-pun telah dapat mengerjakannya, tidak mesti S1 Akuntansi.
Kisaran Upah : upah untuk tempat ini memanglah tidak sebaik Financial Analystatau Accountan, namun telah cukup lumayan. Untuk beberapa th. awal sekitar pada 3 sampai 5 juta per bln..
Pendidikan Yang Dibutuhkan : tempat accounts payable/receivable clerkTIDAK SELALU mesti lulusan S1. Juga sekian, untuk penambahan karier, aku menyarakankan pada mereka yang belum juga merampungkan pendidikan sampai S1 supaya bebrapa pandai berhemat, hingga dapat menyisihkan uang untuk meneruskan study (S1) kelas sore/malam hari. Selama ada tekad yang cukup kuat untuk belajar serta maju, aku percaya siapa saja PASTI BISA.
Prospek Karier : Tempat accounts payable/receivable memanglah bukan tempat yang cukup menjanjikan untuk hari esok. Dapat disebut, tempat ini memanglah cuma pas untuk fresh graduate (untuk tidak mereka yang telah cukup lama bekerja). AKAN TETAPI, tempat ini yaitu yang paling mungkin saja/gampang untuk diraih bahkan juga oleh mereka yang mempunyai kekuatan yang pas-pasan. Namun seperti telah aku berikan diatas : supaya karier tidak jalan ditempat, mereka yang belum juga merampungkan pendidikan S1 baiknya meneruskan study. Terbatasnya pendidikan, harusnya, cuma berbentuk sesaat, selama ada tekad serta kemauan yang kuat untuk selalu belajar serta maju.
4. Auditor – Oke. Ini termasuk juga tempat yang paling disukai—terutama dikalangan anak akuntansi lelaki. Ada 2 jenis auditor, yakni : (a) internal auditor—bekerja untuk satu perusahaan di bagian industri spesifik ; serta (b) external/independent auditor—bekerja untuk peusahaan penyedia layanan auditindependent (kantor akuntan umum).

Pekerjaan : pada prinsipnya, ke-2 jenis auditor ini mempunyai distinctive pekerjaan yang sama, yakni : meyakinkan neraca keuangan perusahaan sesuai sama standard akuntansi yang ada (arti auditingnya “tidak memiliki kandungan material misstatement”, tak tahu itu yang dikarenakan oleh fraud (penggelapan) atau erroneous (kekeliruan yg tidak disengaja). Yang berlainan yaitu hasil akhir auditnya. Auditor eksternal (independent) memberi opini atas neraca keuangan perusahaan (apakah lumrah atu tidak). Sedang auditor internal semakin banyak memberi anjuran perbaikan pada pihak manajemen, berkenaan dengan tingkat kepatuhan operasional perusahaan pada system pengendalian intern-nya, pada beragam regulasi (Bappepam serta Pajak), termasuk juga pada rencana Good Corporate Governance.
Kisaran upah : diliat dari sisi upah, untuk beberapa th. awal, internal auditor umumnya peroleh upah yang semakin bagus dibanding external (independent) auditor yang bekerja di KAP. Upah internal auditor di perusahaan bertaraf besar, di beberapa th. awal, sekitar pada 7 sampai 10 juta/bln.. Auditor eksternal (di KAP) sekitar pada 5 sampai 7 juta/bln..
Pendidikan Yang Dibutuhkan : Jadi permulaan karier, pendidikan paling akhir yang dibutuhkan untuk ke-2 type auditor ini yaitu S1 akuntansi. Untuk penambahan karier, ke-2 type auditor ini keduanya sama dapat ambil program pendalaman profesi akuntan (PPAk) serta ikuti ujian Certified Public Accountant serta atau Certified Internal Auditor. Sesudah memegang sertifikat profesi auditor (tak tahu itu CIA atau CPA), upah seseorang auditor umumnya bertambah dengan angka yang cukup penting. Dalam level ini auditor external auditor umumnya peroleh upah yang semakin besar dibanding internal auditor.
Prospek Karier : tidak jauh berlainan dengan accountant, prospek karier auditor juga senantiasa bagus dalam keadaan apa pun. Akan tetapi, tempat external auditor mempunyai prospek karier yang relatif semakin bagus dibanding dengan internal auditor.

5. Kredit Analyst

 – Di Indonesia, tempat/jabatan kredit analyst belum juga cukup popular, bila dibanding dengan yang lain. Di lingkungan kampus, terkecuali di kota-kota besar seperti Jakarta serta Surabaya, tempat ini sedikit dibicarakan. Yang banyak di kenal yaitu “pegawai sisi credit”.

Pekerjaan : Seseorang kredit analyst umumnya diperlukan oleh institusi keuangan—baik itu industri perbankan atau pembiayaan (finance), untuk mengukur (menganalisa) kekuatan calon pencari credit dalam membayar pokok serta bunga angsuran creditnya.
Kisaran Upah : Di beberapa th. awal, baik kredit analyst untuk bank atau perusahaan finance, keduanya sama peroleh upah yang lumayan bagus, sekitar pada 5 sampai 7 juta per bln..
Pendidikan Yang Diperlukan : pendidikan yang diperlukan untuk isi tempat kredit analyst bisanya relatif ke S1 Akuntansi (untuk di Indonesia), walau S1 Manajemen dengan konsentrasi keuangan juga dapat.
Prospek Karier : Makin meningkatnya daya beli orang-orang (serta tren konsumerisme yang belumlah ada sinyal tanda penurunan), membuat usaha pembiyaan (finance) makin berkibar. Hingga otomatis tempat kredit analyst semakin diperlukan di beberapa waktu mendatang. Management level yang dapat diraih oleh seseorang kredit analyst yaitu Risk Manager, dibawah seseorang Treasurer serta CFO pastinya.
Nah, itu dia 5 pekerjaan akuntansi keuangan, yang menurut aku, bergaji lumayan bagus untuk fresh graduate.

Seperti sudah aku berikan dimuka tulisan, ini yaitu hasil pengalaman serta pengetahuan aku pribadi—bukan hasil survey atau riset. Sebenarnya, besaran upah type pekerjaan apa pun (di bagian apa pun) —termasuk akuntansi keuangan, berbentuk relative—tidak dapat dipukul-rata.

Setahu aku, ada demikian banyak variable yang memengaruhi besaran upah satu tempat (jabatan) serta profesi. Dari mulai taraf perusahaan dimana bekerja, type/sektor bisnis, pendidikan serta skill (hard & soft) semasing individu, pengalaman kerja semasing individu, sampai keperluan hidup basic rata-rata di mana perusahaan ada.

Oleh karenanya, aku menginginkan sumbang-saran untuk adik-adik yang barusan lulus (atau akan lulus), kalau : mengumpulkan info mengenai upah satu tempat serta pekerjaan, memanglah perlu—sebagai sisi dari career rencana. Namun, sebelumnya berfikir ke sana, baiknya fokuslah pada kwalifikasi (pendidikan serta skill) yang diperlukan untuk tempat/pekerjaan yang dikehendaki. Masalah upah, sifatnya begitu relative.

tugas seorang akuntan secara umum
tugas akuntan dalam perusahaan
pekerjaan akuntan di bank
tanggung jawab seorang akuntan
pekerjaan accounting seperti apa
contoh pekerjaan accounting
tugas jubir presiden
gaji akuntan
tugas akuntan
gaji akuntan
pengertian akuntan menurut para ahli
seorang akuntan
fungsi akuntan
macam macam akuntan
gelar akuntan
syarat menjadi akuntan
contoh akuntan publik
tugas akuntan publik auditor independen
akuntan intern
akuntan pemerintah
tugas underwriter
pengertian akuntan publik menurut para ahli
contoh profesi akuntan publik
profesi akuntansi publik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar